Tahap Dua BLT-DD Belum Rampung, 2 Desa di Jeneponto Sudah Salurkan Tahap Tiga

samsir, 03 Jun 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO,- Sebanyak 82 Desa di 11 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, belum rampung menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk tahap dua 2020 kepada calon penerima manfaat

Dari 82 Desa tersebut, masih terdapat sekitar kurang lebih 50 desa yang belum melakukan penyaluran BLT-DD untuk tahap dua. Sementara, 2 desa lainnya di Kecamatan Bangkala Jeneponto sudah melakukan penyerahan BLT-DD  untuk tahap tiga. 

Hal itu diungkapkan oleh Tim Tenaga Ahli P3JMD Kabupaten Jeneponto Saharuddin Tompo kepada Indonesiasatu.ci.id, Rabu (03/6/2020).

Namun meski demikan, kata dia penyerahan BLT-DD untuk tahap dua yang belum tersalurkan sektar 50 desa tersebut akan diupayakan rampung pada Juni ini. Karena, Kepala Desa masing-masing sementara dalam pengurusan pencairan di Bank BPD

" Tapi, mudah-mudahan di bulan Juni ini kita bisa selesaikan semua untuk tahap dua dan tahap tiga kerena itu target kita. Dan kalaupun nyeberang di bulan Juli mungkin terkendala di tehnis proses pencairan saja," katanya.

Dikatakan Saharuddin Tompo, untuk tahap tiga ini sudah ada dua desa yang yang melakukan penyerahan BLT-DD kepada penerima yaitu. Desa Jenetallasa dan Desa Marayoka di Kecamatan Bangkala.

"Memang di Kecamatan Bangkala cepat kerena mungkin pengurusan pencairan dana desanya cepat," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk BLT-DD tiga bulan berikutnya sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50 tahun 2020 tentang BLT belum bisa mengambil langkah terlalu jauh kesitu karena belum ada juknis.

"Memang ada penambahan BLT-DD tiga bulan lagi setelah ini, besarannya Rp300/bulan, tapi kita belum berani sebelum ada juknis dari kementerian desa. Kita belum bisa mengambil langkah terlalu jauh untuk tiga bulan berikutnya," tambahnya.

Dapat diketahui, penyerahan BLT-DD untuk April, Mei dan Juni diberikan kepada penerima manfaat sebesar Rp600 ribu/kk dengan total Rp1.800.000,- (Satu juta delapan ratus ribu rupiah) selama tiga bulan berturut-turut.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu