Kabid Linjamsos Sulsel Sebut Jeneponto Masuk Urutan ke 3 Tertinggi Data Bayar PKH

samsir, 13 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO - Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Provinsi Sulawesi Selatan, Jasmin membeberkan data bayar penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) tertinggi adalah Kabupaten Jeneponto tahun 2020.

Dikatakan Jasmin, Kabupaten Jeneponto merupakan peringkat ketiga sesudah Kabupaten Bulukumba (peringkat pertama) dan Kabupaten Gowa (peringkat kedua).

"Jeneponto ini, peringkat ketiga keluarga penerima manfaatnya sesuai data bayar PKH tahun 2020, itu sebesar Rp18.045.800.000 miliar," beber Jasmin kepada wartawan, Kamis (13/02/2020).

Sehingga menurut dia, ada perluasan PKM PKH tahun ini, (2020) untuk Kabupaten Jeneponto total, 22.035 orang.

"Makanya kita akan rapat, semua unsur yang terkait untuk melakukan perbaikan data sehubungan dengan kegiatan ini labelisasi rumah PKM PKH," kata Jasmin.

Diakuinya, data ini bukan dari penggiat sosial PKH yang salah. Namun data ini awalnya bersumber dari BPS, yang kemudian masuk di Kementrian Sosial turun ke Kabupaten dan terakhir turun di pemdampingan.

"Makanya saya akan melakukan verifikasi dan validasi data. Dan tidak ada lagi pemdamping desa yang bermain - main dengan data. Harus sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan," tegasnya.

Olehnya itu, Jasmin tekankan agar pemerintah desa harus terlibat langsung dalam melakukan validasi data. Pasalnya pemerintah desa sangat besar pengaruhnya dalam menentukan KPM layak atau tidaknya masuk sebagai peserta PKH.

Ia juga menjelaskan, kegiatan labelisasi rumah PKM PKH ini, merupakan langkah awal selama ia menjabat sebagai Kepada Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Meskinpun kegiatan yang sama sudah berjalan di kabupaten lain, seprrti di daerah bagian Jawa.

Sementara, kalau dipikir Masyatakat Jeneponto memiliki kultur yang masih kuat dengan budaya tinggi SIRI'na. "Kita ini sangat malu kalau sudah layak baru dipasangi lebal kategori miskin," katanya.

Untuk itu, harus dicarikan pola baru agar mereka sadar bahwa mereka tidak layak lagi menerima PKH.

Kenapa Jeneponto masih dikatakan salah satu kabupaten masuk dalam kategori miskin. Kerena, data yang diperoleh tidak falid. Gambarannya jarang orang ingin mengudurkan diri secara legowo sebagai peserta PKH dengan pola edukasi, terangnya.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu